Pelatihan Petugas Survei Industri Besar Sedang BPS Kalimantan Utara - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara

|| Saat ini Publikasi Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023 sudah tersedia dan dapat diakses Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023|| Angka Kematian Bayi Provinsi Kalimantan Utara Hasil Long Form SP2020 tercatat 16,65 per 1.000 kelahiran hidup. Selengkapnya klik Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023 ||

Pelatihan Petugas Survei Industri Besar Sedang BPS Kalimantan Utara

Pelatihan Petugas Survei Industri Besar Sedang BPS Kalimantan Utara

7 Mei 2024 | Kegiatan Statistik


Tanjung Selor, 7 Mei 2024 – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengadakan pelatihan petugas Survei Industri Besar Sedang (IBS) melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada tanggal 7-8 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 12 peserta yang terdiri dari Ketua Tim/Penanggung Jawab kegiatan produksi di BPS Kabupaten/Kota se-Kalimantan Utara dan petugas lapangan untuk survei IBS.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM BPS Kabupaten/Kota, baik yang bertugas sebagai PIC kegiatan industri maupun Petugas Pemeriksa Lapangan (PML) dan Pencacah Lapangan (PCL). Selain itu, pelatihan ini juga memberikan pemahaman kepada petugas mengenai kegiatan survei industri besar sedang, sehingga diharapkan akan didapatkan data statistik industri besar sedang yang berkualitas.

Harapannya setelah pelatihan ini, petugas dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan dan saling bekerja sama dengan petugas lain agar kegiatan survei IBS berjalan sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan mendapatkan data yang berkualitas.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini menghadirkan Muhammad Ali Irfan selaku instruktur nasional survei industri besar sedang di BPS Provinsi Kalimantan Utara sebagai pemateri.

Dalam arahannya, Ketua Tim Statistik Produksi BPS Provinsi Kalimantan Utara, Risna Yuliani, menyampaikan bahwa revolusi industri terus terjadi hingga saat ini, dan Indonesia telah memasuki era revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 dapat berdampak buruk bagi negara yang tidak siap dan tidak mampu memanfaatkan perkembangan teknologi yang cepat. Kesiapan negara Indonesia dalam menyikapi revolusi ini menjadi krusial, dan pemerintah bersiaga menghadapi revolusi ini, termasuk BPS.

Pelatihan PJJ Petugas IBS selama dua hari ini telah berlangsung lancar dan diperoleh nilai rata-rata peserta sebesar 90. Pada penutupan pelatihan, Ketua Tim menyampaikan tiga juara, yakni Wafiqah Ummuzahra (BPS Kota Tarakan), Fajar Hari Dwiono (BPS Kab. Bulungan); dan Muammar (BPS Kota Tarakan). Beliau mengucapkan terima kasih atas prestasi peserta dan semoga ini berdampak pada proses pendataan dan kualitas data yang dihasilkan.


#BPS

#KalimantanUtara

#SurveiIBS

#RevolusiIndustri4.0

#DataStatistik

#BanggaIndonesia

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara (Statistics Kalimantan Utara)Jl. H. Masykur RT 19

Tanjung Selor Hilir

77212

Telp. (0552) 2033254

Whatsapp: 0822-5442-6005

Mailbox: bps6500@bps.go.id / pst6500@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik