Pelatihan Petugas Pengolahan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) BPS Provinsi Kalimantan Utara - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara

|| Saat ini Publikasi Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023 sudah tersedia dan dapat diakses Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023|| Angka Kematian Bayi Provinsi Kalimantan Utara Hasil Long Form SP2020 tercatat 16,65 per 1.000 kelahiran hidup. Selengkapnya klik Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023 ||

Pelatihan Petugas Pengolahan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) BPS Provinsi Kalimantan Utara

Pelatihan Petugas Pengolahan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) BPS Provinsi Kalimantan Utara

5 Februari 2020 | Kegiatan Statistik


Setelah melakukan pelatihan Instruktur Daerah Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) 2020 pada 13 – 14 Januari 2020 lalu, Rabu (05/02) BPS Provinsi Kalimantan Utara melaksanakan kegiatan pelatihan petugas pengolahan Sakernas tahun 2020. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para petugas pengolahan sakernas 2020 dapat memahami alur pengolahan dengan baik, memahami tujuan pelaksanaan kegiatan sakernas 2020, mekanisme pengolahan, serta evaluasi awal hasil pengolahan.

Pelatihan ini diikuti oleh 18 peserta yang terdiri dari 10 peserta dari BPS Kabupaten/Kota (1 perwakilan Seksi IPDS dan 1 perwakilan Seksi Statistik Sosial) dan 8 peserta dari BPS Provinsi Kalimantan Utara (3 perwakilan Bidang Statistik Sosial, 3 perwakilan Bidang IPDS, dan 2 perwakilan Bagian Tata Usaha). Pada pelatihan kali ini, peserta pelatihan petugas pengolahan akan diberikan materi selama 2 hari efektif, yaitu 5 – 6 Februari 2020 oleh dua Instruktur Nasional, Kepala Seksi Statistik Kependudukan, Dodi Raharjo yang akan memberikan materi terkait Metodologi, Editing Coding, serta uji coba editing coding Sakernas 2020, dan PJ Seksi Jaringan dan Rujukan Statistik, M. Faishal Amirulloh yang akan memberikan materi terkait instalasi program entri sakernas, uji coba program entri sakernas, serta monitoring sakernas 2020.

Hadir pada acara pembukaan pelatihan petugas pengolahan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) 2020, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara, Eko Marsoro beserta Kepala Bagian/Bidang di lingkungan BPS Provinsi Kalimantan Utara. Dalam arahan Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara, disampaikan bahwa para peserta diharapkan dapat benar-benar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, mengingat sakernas merupakan salah satu survey yang menghasilkan indikator strategis daerah, yaitu angka pengangguran di suatu daerah. Beliau juga menyampaikan bahwa harapannya pada saat kegiatan berlangsung, para petugas pengolahan tidak hanya fokus pada penyelesaian pelaksanaan kegiatan pengolahan saja, melainkan juga kegiatan pengolahan yang dilaksanakan tersebut harus dijaga kualitas datanya, sehingga data dapat termanfaatkan sebagai salah satu bahan perencanaan pembangunan daerah.

Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara juga menyampaikan, materi yang disampaikan oleh Instruktur Nasional (Innas) tidak hanya terfokus pada kegiatan pengolahan sakernas saja, melainkan juga sedikit materi terkait pelaksanaan kegiatan Sensus Penduduk 2020. “Saya minta kepada Innas dapat menyampaikan materi SP Online di pelatihan kali ini. Selanjutnya, diharapkan teman-teman di Kabupaten/Kota tidak hanya melakukan koordinasi dan konsolidasi ke ASN saja, melainkan juga ke beberapa komunitas/organisasi masyarakat, termasuk koordinasi dan konsolidasi hingga level RT/RW,” ujar Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara sebelum mengakhiri arahan dan membuka acara kegiatan pembukaan pelatihan petugas pengolahan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) 2020. (Berita: Dede)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara (Statistics Kalimantan Utara)Jl. H. Masykur RT 19

Tanjung Selor Hilir

77212

Telp. (0552) 2033254

Whatsapp: 0822-5442-6005

Mailbox: bps6500@bps.go.id / pst6500@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik