Rekonsiliasi Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) Provinsi Kalimantan Utara 2021 - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara

|| Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Kalimantan Utara Jl. H. Masykur RT 19, Tanjung Selor Hilir, Lantai 1, setiap hari kerja mulai pukul 08:00 s.d 15:30 WITA atau ke Pelayanan Statistik Terpadu di Kantor BPS Kabupaten/Kota || 

Rekonsiliasi Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) Provinsi Kalimantan Utara 2021

Rekonsiliasi Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) Provinsi Kalimantan Utara 2021

31 Mei 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


IKK adalah indeks yang menggambarkan tingkat perbandingan harga barang konstruksi antarwilayah. IKK dihitung menggunakan kota acuan, bukan periode tahun dasar. Kota acuan disini adalah sebagai dasar penghitungan indeksnya. Untuk menghitung IKK diperlukan beberapa data yaitu: harga bahan bangunan/konstruksi, harga sewa alat berat konstruksi, upah jasa konstruksi, dan bobot/diagram timbang (BOQ). Data harga dan upah didapat dari Survei Harga Kemahalan Konstruksi (SHKK) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Survei tersebut dilakukan triwulanan.

 

Kegiatan rekonsiliasi ini diikuti oleh seluruh KF Stat Distribusi BPS Kabupaten/Kota se Provinsi Kaltara dan SKF Stat.Distribusi BPS Prov Kaltara pada Kamis (27/05). Pada kesempatan ini juga hadir Ibu Dr. Dewi Sri Takarini SE, MA sebagai fasilitator, dimana beliau adalah Koordinator Fungsi Statistik Harga Perdagangan Besar, yang menangani penghitungan IKK. Pada kegiatan ini juga hadir narasumber dari Balai Prasarana Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Provinsi Kalimantan Utara dan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan kawasan pemukiman Provinsi Kalimantan Utara.

 

Tujuan penyusunan Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) adalah untuk menyediakan data dasar bagi kebijakan dana perimbangan, khususnya Dana Alokasi Umum. Dalam UU No. 33 Tahun 2004 IKK digunakan sebagai proxy untuk menggambarkan tingkat kesulitan geografis suatu daerah, dengan demikian semakin sulit letak geografis suatu daerah maka semakin tinggi pula angka IKK nya. Kegiatan penyusunan IKK Provinsi Kalimantan Utara mencakup seluruh Kabupaten/kota yaitu Kabupaten Malinau, Bulungan, Tana Tidung, Nunukan dan Kota Tarakan. (berita: Andika)

 

#infoBPS

#BPSKaltara

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara (Statistics Kalimantan Utara)Jl. H. Masykur RT 19

Tanjung Selor Hilir

77212

Telp. (0552) 2033254

Whatsapp: 0822-5442-6005

Mailbox: bps6500@bps.go.id / pst6500@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik