Pembinaan dan Kolaborasi Desa Cantik di Kabupaten Bulungan dan Nunukan - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara

|| Saat ini Publikasi Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023 sudah tersedia dan dapat diakses Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023|| Angka Kematian Bayi Provinsi Kalimantan Utara Hasil Long Form SP2020 tercatat 16,65 per 1.000 kelahiran hidup. Selengkapnya klik Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023 ||

Pembinaan dan Kolaborasi Desa Cantik di Kabupaten Bulungan dan Nunukan

Pembinaan dan Kolaborasi Desa Cantik di Kabupaten Bulungan dan Nunukan

24 Juni 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


BPS mendesain quick win mandiri dalam rangka percepatan implementasi pembinaan statistik sektoral yang tercantum dalam Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024. Salah satu upaya BPS dalam peningkatan pembinaan statistik sektoral adalah dengan program Desa Cantik (Desa Cinta Statistik). Selain dengan implementasi Desa Cantik sebagai sarana dalam penguatan kelembagaan BPS, Desa Cantik juga diperlukan untuk membina desa dalam pemanfaatan data sehingga mendukung proses pembangunan desa yang lebih baik.

Untuk mendukung kelancaran terselenggaranya quick win tersebut, peran Change Champion (CC) sangatlah penting. Di program Desa Cantik ini, Change Champion terutama di BPS Provinsi Kalimantan Utara berperan sebagai pembina yang menaungi desa-desa terpilih di 5 kabupaten/kota di wilayah Kalimantan Utara. Selain memonitoring progress Desa Cantik, Change Champion juga membantu memberikan solusi atas kendala dan permasalahan yg terjadi dalam penyelenggaran program tersebut.

Hari Kamis (24/06) Tim Desa Cantik BPS Kabupaten Bulungan mengunjungi Desa Apung dalam rangka pembinaan statistik dan pembahasan GSBPM dalam proses kegiatan statistik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi Aparat Desa Apung  dalam memperoleh, mengolah, dan memanfaatkan data statistik. Adapun pada kesempatan itu, Tim Desa Cantik BPS Kabupaten Bulungan menjelaskan setiap tahapan yg ada di GSBPM diselingi praktik dari setiap tahapan tersebut. Tahapan specify needs, praktik dilakukan dengan mengidentifikasi indikator penyusun monografi desa, tahapn design, tim aparat desa dibina untuk menyusun rancangan tabel, tahapan collect, praktik bagaimana wawancara yang baik, serta tahapan analyze dan diseminate, praktik bagaimana membuat infografis sederhana.

Di waktu dan tempat yang berbeda, pada Hari Jumat (18/06). Statistisi Madya Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Provinsi Kalimantan Utara, Panca Oktianti, MM bersama Tim Desa Cantik BPS Kabupaten Nunukan melaksanakan kolaborasi dan sosialisasi dengan Kelurahan Nunukan Selatan yang terpilih sebagai Desa Cinta Statistik (Cantik). Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan bahwa program desa cantik merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh BPS dalam melaksanakan misi BPS, yakni Membina Kementrian, Lembaga, Dinas , dan Instansi melalui Sistem Statistik  Melalui Sistem Statistik Nasional yang Berkesinambungan. Diharapkan Kelurahan Nunukan Selatan dapat menjadi contoh bagi desa/kelurahan lainnya. Kelik Suharyanto selaku Lurah Nunukan Selatan menyambut dengan antusias kegiatan ini. Beliau mengucapkan terima kasih kepada BPS Kabupaten Nunukan dan berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan tentunya bermanfaat bagi Kelurahan Nunukan Selatan dan kedepannya bagi masyarakat Nunukan Selatan.

Kolaborasi dan sosialisasi ini diakhiri dengan penandatanganan Kerangka Acuan Kerja (KAK) Program Desa Cinta Statistik oleh Kepala BPS Kabupaten Nunukan dan Lurah Nunukan Selatan.

#infoBPS
#BPSKaltara
#BPSKaltaraHEBAT
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara (Statistics Kalimantan Utara)Jl. H. Masykur RT 19

Tanjung Selor Hilir

77212

Telp. (0552) 2033254

Whatsapp: 0822-5442-6005

Mailbox: bps6500@bps.go.id / pst6500@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik