Rilis Tabel Input-Output Provinsi Kalimantan Utara 2016. - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara

|| Saat ini Publikasi Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023 sudah tersedia dan dapat diakses Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023|| Angka Kematian Bayi Provinsi Kalimantan Utara Hasil Long Form SP2020 tercatat 16,65 per 1.000 kelahiran hidup. Selengkapnya klik Provinsi Kalimantan Utara Dalam Angka 2023 ||

Rilis Tabel Input-Output Provinsi Kalimantan Utara 2016.

Rilis Tabel Input-Output Provinsi Kalimantan Utara 2016.

31 Mei 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


BPS Provinsi Kalimantan Utara merilis Tabel Input-Output (IO) Kalimantan Utara Tahun 2016, yang menjadi seri perdana di provinsi termuda di Indonesia. Tabel IO menyajikan informasi statistik dalam bentuk matriks tentang transaksi  penggunaan barang dan jasa antar kegiatan ekonomi serta saling keterkaitan antar kegiatan ekonomi dalam suatu wilayah. Selain menunjukkan keterkaitan antar sektor ekonomi, intrepretasi dan analisis tabel input-output yang dapat digunakan sebagai bahan perumusan perencanaan dan kebijakan pembangunan daerah. Di sisi lain Tabel IO adalah sebuah dokumen yang dapat dijadikan pedoman/acuan bagi seluruh stakeholder di provinsi Kalimantan Utara untuk melihat lapangan usaha utama yang berperan dalam perekonomian Kalimantan Utara. Dalam kegiatan perekonomian, hubungan antar kegiatan ekonomi juga menunjukkan keterkaitan yang semakin kuat dan dinamis. Kemajuan di suatu industri tidak mungkin dapat dicapai tanpa dukungan industri lain. Oleh sebab itu, pemerintah daerah dapat memanfaatkan tabel IO sebagai alat perencanaan kebijakan anggaran. Melalui tabel IO, dapat dilakukan simulasi terkait kebijakan-kebijakan yang akan diambil untuk mengukur bagaimana pengaruh anggaran dan dampaknya terhadap perekonomian.

 

Tabel IO yang dirilis pada tanggal 31 Mei 2021 diantaranya; Tabel IO Provinsi Kalimantan Utara Transaksi Domestik Atas Dasar Harga Produsen Menurut 52 Industri 2016, Tabel IO Provinsi Kalimantan Utara Transaksi Domestik Atas Dasar Harga Produsen Menurut 17 Lapangan usaha Tahun 2016, serta Indeks Daya Penyebaran dan Indeks Derajat Kepekaan Menurut 52 Industri 2016. Indeks daya penyebaran dan derajat kepekaan merupakan lanjutan dari matrik pengganda (matrik inverse). Nilai Indeks daya penyebaran dapat dikatakan sebagai nilai indeks keterkaitan ke belakang (backward lingkages) sedangkan indeks derajat kepekaan dapat disebut indeks keterkaitan ke depan (forward lingkages).

 

Berdasarkan perhitungan dari indeks daya penyebaran dan indeks derajat kepekaan didapatkan hasil perhitungan yang terbagi kedalam empat (4) kuadran, yaitu :

  • Kuadran pertama dengan karakteristik indeks daya penyebaran atau dan derajat kepekaan                                                          > 1,
  • Kuadran ke dua dengan nilai indeks daya penyebaran <1 dan indeks derajat kepekaan > 1.
  • Kuadran ke tiga berisikan industri dengan nilai indeks daya penyebaran dan derajat kepekaan < 1.
  • Kuadran ke empat merupakan industri yang memiliki nilai indeks daya penyebaran > 1 sedangkan nilai indeks derajat kepekaan < 1.

Analisis dari Indeks penyebaran dan Indeks Kepekaan dapat memberikan gambaran mengenai kinerja dari masing-masing industri  dalam Tabel Input-Output terhadap perekonomian wilayah. Untuk nilai indeks daya penyebaran dan derajat kepekaan yang berada >1, ini berarti bahwa industri tersebut memiliki kinerja diatas rata-rata dari total seluruh perekonomian di Kaltara dan begitu pula sebaliknya jika berada < 1, maka kinerjanya di bawah nilai rata-rata dari total seluruh perekonomiannya.


Selengkapnya, tabel-tabel ini dapat diakses disini.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara (Statistics Kalimantan Utara)Jl. H. Masykur RT 19

Tanjung Selor Hilir

77212

Telp. (0552) 2033254

Whatsapp: 0822-5442-6005

Mailbox: bps6500@bps.go.id / pst6500@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik