Perkuat Perekonomian Kaltara, BPS segera rilis PDRB Triwulanan Kabupaten/Kota - Berita - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara

|| Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Provinsi Kalimantan Utara Jl. H. Masykur RT 19, Tanjung Selor Hilir, Lantai 1, setiap hari kerja mulai pukul 08:00 s.d 15:30 WITA atau ke Pelayanan Statistik Terpadu di Kantor BPS Kabupaten/Kota || 

Perkuat Perekonomian Kaltara, BPS segera rilis PDRB Triwulanan Kabupaten/Kota

Perkuat Perekonomian Kaltara, BPS segera rilis PDRB Triwulanan Kabupaten/Kota

8 April 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Tanjung Selor – Sebagai upaya memperkuat kembali sektor ekonomi yang sempat terguncang akibat pandemi COVID-19, Badan Pusat Statistik bersama pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Utara mencanangkan penyusunan PDRB triwulanan kabupaten/kota. Langkah awal pencanangan ini diwujudkan dengan terselenggaranya acara “Statistical Capacity Building” yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara pada Kamis (08/04).


Keberhasilan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan di daerah perlu didukung oleh data yang lengkap dan pemahaman yang baik dari para pengambil kebijakan akan data. Tersedianya berbagai data indikator pembangunan mutlak diperlukan oleh Pemerintah. “ ungkap Suriansyah dalam sambutannya. Disampaikan juga bahwa salah satu indikator penting yang digunakan dalam pengambilan kebijakan, khususnya terkait perekonomian adalah data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)


Selama ini, data PDRB telah rutin dirilis oleh BPS Provinsi Kalimantan Utara pada setiap triwulan. PDRB triwulanan menjadi sinyal pergerakan aktivitas ekonomi jangka pendek yang dapat dijadikan early warning dalam pengambilan kebijakan ke depan. Sayangnya, data yang dirilis hanya tersedia hingga level provinsi, sementara data PDRB triwulanan untuk level kabupaten/kota belum tersedia. Oleh karena itu, melalui acara Statistical Capacity Building atau SCB yang turut mengundang perwakilan OPD dan BPS Kabupaten/Kota ini, dilakukan penandatanganan kesepakatan penyusunan PDRB triwulanan kabupaten/kota.


Tidak hanya itu, sesuai dengan pernyataan Tina Wahyufitri, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara, BPS berkomitmen penuh dalam pembinaan statistik sektoral. Dalam acara SCB, disisipkan juga kegiatan “sharing knowledge” terkait penghitungan PDRB triwulanan dan analisis indikator makroekonomi yang dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan oleh pemerintah daerah. Selanjutnya, kegiatan serupa akan ditindaklanjuti dengan rekonsiliasi data setiap triwulan untuk memperkuat perencanaan dan evaluasi perekonomian di Kalimantan Utara. (Berita: Yeni)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara (Statistics Kalimantan Utara)Jl. H. Masykur RT 19

Tanjung Selor Hilir

77212

Telp. (0552) 2033254

Whatsapp: 0822-5442-6005

Mailbox: bps6500@bps.go.id / pst6500@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik