Pelatihan Instruktur Daerah Survei Ekonomi Pertanian Tahun 2024 - News - BPS-Statistics Indonesia Kalimantan Utara Province

|| At the moment, Kalimantan Utara Province in Figures 2023 is available and can be accessed here. || Infant Mortality Rate for the Province of North Kalimantan as a result of the Long Form SP2020 was recorded at 16.65 per 1,000 live births. For More Information clickhere ||

Pelatihan Instruktur Daerah Survei Ekonomi Pertanian Tahun 2024

Pelatihan Instruktur Daerah Survei Ekonomi Pertanian Tahun 2024

May 20, 2024 | BPS Activities


Pelatihan Instruktur Daerah Survei Ekonomi Pertanian Sukses Dilaksanakan Secara Daring di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara


Tanggal 20-24 Mei 2024, Badan Pusat Statistik menyelenggarakan Pelatihan Instruktur Daerah (INDA) Survei Ekonomi Pertanian (SEP) secara daring untuk wilayah Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.


Tujuan utama dari SEP adalah memperoleh data aspek ekonomi dari unit usaha pertanian, termasuk pendapatan, pengeluaran, struktur ongkos, dan indikator kesejahteraan, serta menyediakan data dasar untuk memantau indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs), terutama indikator 2.3.2 dan 2.4.1.


Dalam pembukaannya, Kepala BPS Kalimantan Timur, Yusniar Juliana, menegaskan pentingnya transformasi ekonomi sektor pertanian sebagai kunci pembangunan menuju Indonesia Emas 2045, sambil menekankan kebutuhan akan data pertanian yang berkualitas dan terkini untuk merancang kebijakan pembangunan nasional yang strategis.


Pelatihan ini dipimpin oleh tiga Instruktur Nasional (Innas) terkemuka, yaitu Husna Lia dari BPS Kalimantan Selatan, Muhammad Abdul Majid dari BPS Kalimantan Timur, dan Faris Lahudin dari BPS Kalimantan Utara.


Salah satu peserta terbaik dari pelatihan ini adalah Budianto Oky Prasetya dari BPS Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, yang berhasil meraih peringkat kedua.


Tujuan pelatihan ini meliputi koordinasi teknis untuk pelaksanaan SEP, penyampaian materi kuesioner dan buku pedoman, memberikan pemahaman menyeluruh tentang pendataan SEP, serta memastikan tersedianya petugas lapangan yang handal, motivasi, dan bersemangat dalam melaksanakan pendataan lapangan Survei Ekonomi Pertanian (SEP) 2024.


Pelatihan ini merupakan langkah penting dalam upaya BPS untuk meningkatkan akurasi dan kualitas data statistik nasional, yang sangat diperlukan dalam perencanaan dan evaluasi kebijakan pembangunan, terutama di sektor pertanian.


#BPSKaltara

#BPSKaltaraHebat

#CintaData

#InfoBPS

#surveiekonomipertanian

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara (Statistics Kalimantan Utara)Jl. H. Masykur RT 19

Tanjung Selor Hilir

77212

Telp. (0552) 2033254

Whatsapp: 0822-5442-6005

Mailbox: bps6500@bps.go.id / pst6500@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia