Supervisi Sensus Pertanian 2023 - News - BPS-Statistics Indonesia Kalimantan Utara Province

|| At the moment, Kalimantan Utara Province in Figures 2023 is available and can be accessed here. || Infant Mortality Rate for the Province of North Kalimantan as a result of the Long Form SP2020 was recorded at 16.65 per 1,000 live births. For More Information clickhere ||

Supervisi Sensus Pertanian 2023

Supervisi Sensus Pertanian 2023

June 26, 2023 | BPS Activities


Pada tanggal 26 hingga 28 Juni 2023, Direktur Statistik Peternakan Perikanan dan Kehutanan Badan Pusat Statistik, Adhi Wiriana, mengunjungi BPS Kalimantan Utara untuk melakukan supervisi terhadap kegiatan pendataan ST2023. Dalam kunjungannya, beliau memberikan arahan mengenai penyelesaian sensus pertanian kepada kepala BPS provinsi dan kepala BPS kabupaten/kota se-Kalimantan Utara.


Selain itu, Direktur Statistik juga mengunjungi Unit Manajemen Hutan Inhutani 1 Pimping, yang merupakan target usaha pertanian berbadan hukum. Manajer UMH Inhutani 1 Pimping, Pak Bagus, menyambut kunjungan tersebut dengan baik dan antusias. Di sana, mereka membahas perhutanan sosial dan kondisi kegiatan kehutanan di Inhutani Pimping. Petugas pendata dari BPS Bulungan, yang bernama Okta, juga turut hadir dalam pertemuan tersebut.


Selain kunjungan ke UMH Inhutani 1 Pimping, Direktur juga melakukan kegiatan kolaborasi dan koordinasi di Dinas Kehutanan. Beliau disambut oleh Pak Nustam, Kepala Bidang di Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Utara. Dalam pertemuan tersebut, dibahas beberapa perhutanan sosial yang telah mendapatkan izin dan dapat dikroscek dengan kondisi di Dinas Kehutanan.


Selain kunjungan ke UMH Inhutani 1 Pimping dan pertemuan di Dinas Kehutanan, Direktur Statistik Peternakan Perikanan dan Kehutanan juga sempat mengunjungi Bulungan Mandiri Farm (BMF). BMF merupakan sebuah korporasi yang dikelola oleh Pak Ase dan bertujuan untuk mengajak warga sekitar untuk berternak dengan lebih terarah dan menguntungkan.


Pada kunjungannya, Direktur Statistik dapat melihat langsung bagaimana BMF memberikan pengajaran kepada warga sekitar dan memberikan solusi terhadap masalah yang mereka hadapi dalam berternak. Saat ini, BMF fokus mengembangkan usaha peternakan kambing dan sapi.


Kunjungan ke BMF memberikan gambaran kepada Direktur Statistik mengenai upaya pengembangan peternakan yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Ini merupakan contoh konkret dari kerja sama antara korporasi dan masyarakat dalam meningkatkan sektor peternakan dengan pendekatan yang lebih terstruktur dan menguntungkan secara ekonomi.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Utara (Statistics Kalimantan Utara)Jl. H. Masykur RT 19

Tanjung Selor Hilir

77212

Telp. (0552) 2033254

Whatsapp: 0822-5442-6005

Mailbox: bps6500@bps.go.id / pst6500@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia